Indo-CG

Cara Cepat Membuat Game Android Dengan Unreal Engine Bagian I


    CG Indonesia,Cara Cepat Membuat Game Android dengan Unreal Engine.Pada seri tutorial ini kita akan membahas secara singkat proses pembuatan game Android dengan Unreal Engine.

 1. MEMBUAT PROJECT


   Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat project baru dengan menggunakan template Third Person  dengan blueprint untuk mempercepat proses pembuatan dan mudah untuk diikuti dan bisa segera diuji di perangkat Android.


   Berikutnya Buka Editor Unreal Engine. Pada Project Browser , gunakan pengaturan berikut untuk membuat proyek baru: 


• Project Category Proyek: Games 

• Template: Top Down

• Target Hardware: Seluler/Tablet 

• Quality Level : Scalable 3D or 2D


   Beri nama proyek AndroidQuickStart dan klik tombol Create Project untuk menyelesaikan pembuatan proyek. 



  Pilih Seluler/Tablet untuk Target Hardware dan Scalable 3D or 2D untuk pilihan Quality Level. Tingkat kualitas target akan memastikan bahwa proyek yang kita buat memperhitungkan user interface dan keterbatasan hardware  perangkat seluler.


  Jika masih bingung dengan proses diatas,artinya kamu belum memahami dasar Unreal Engine,silahkan baca Tutorial Dasar Unreal Engine hingga selesai,setelah itu silahkan lanjut ke tutorial ini.


2. PENGATURAN UNREAL EDITOR UNTUK ANDROID


   Karena kita sedang mengembangkan game Android,maka kita harus menyesuaikan Unreal Editor untuk mengerjakan game Android.Pengaturan Proyek kita di Unreal Editor harus dikonfigurasikan untuk Android APK build.


1.  Klik Edit > Project Setting untuk membuka jendela Pengaturan Proyek. 

 


2. Di jendela Project Setting, pergi ke Platform > Android

3. Di bagian APK Packaging , akan ada peringatan yang berbunyi "Project is not configured for the Android platform". Klik tombol Configure Now untuk secara otomatis mengatur proyek  untuk menulis file platform yang diperlukan. 

4.  Isi Nama Paket Android dengan nama perusahaan dan proyek yang sesuai. Dalam contoh menggunakan com.EpicGames.AndroidQuickStart . 

5.  Jika tombol Accept SDK Licence diaktifkan, klik tombol tersebut untuk menerima perjanjian lisensi SDK Android. Jika sebelumnya kita telah menerima perjanjian ini, maka tidak perlu menyelesaikan langkah ini. 



   Sampai disini tutorial bagian pertama tentang Cara Cepat Membuat Game Android Dengan Unreal Engine 4. 
Pada bagian kedua kita akan belajar tentang Konfigurasi Editor dan PIE untuk mobile preview.





   

Posting Komentar

0 Komentar