Indo-CG

Tutorial Houdini Dasar Bagian X - EDIT

 


Tutorial Houdini Dasar Bahasa Indonesia Bagian X akan membahas Mode Edit di Houdini.

EDIT NODE


  Jika kita mencoba untuk memindahkan komponen geometri, maka node Edit ditempatkan untuk menerima transformasi. Selain mengubah geometri, kita dapat slide  pada surface, bekerja tegak lurus dengan normal, atau memahat surface.





SOFT FALLOFF


Saat kita mengubah point, kita dapat menggunakan Soft Edit Radius untuk membuat falloff. Ada visualisator yang dibangkitkan untuk menunjukkan  di mana falloff terjadi di permukaan.




EDIT OPTION 


 Jika kita mengklik RMB saat berada di node Edit, kita dapat mengakses beberapa opsi untuk mengubah pilihan  dengan cara tertentu. Kita dapat membuat circle atau meluruskan seleksi. Opsi ini bekerja dengan point dan edge tetapi tidak pada primitives.



HANDLE TOOLS


Setelah menggunakan rak alat  (Shlelf Tool), kita sering mendapati handle tool. Atau kita dapat memilih node di network dan tekan tombol Enter di Scene view untuk masuk ke Tool Handle.


  Ini menampilkan handle yang berfokus pada parameter spesifik untuk node yang dipilih seperti parameter jarak pada node polyextrude


   Show Current Operator - Secara default ketika kita memilih node selain display node, itu menjadi node saat ini dan kita mendapatkan tampilan wireframe dari geometri.     

Kita juga dapat menggunakan handle untuk memanipulasi node perantara ini sambil mengevaluasi hasil pada shaded surface.



Show Display Operator - Pilihan lain adalah selalu menampilkan Display Operator. Dalam hal ini,saat kita  memilih node dalam chain tidak menunjukkan wireframe dan handle tetap fokus pada display node.



Kita dapat mengubah parameter di panel parameter untuk node saat ini tetapi handle akan terus bekerja dengan parameter pada display node.


EDITING GEOMETRY



1. Edit | Component - kita dapat memilih komponen yang ingin diedit menggunakan tombol ini.

2. Move Tool - Move Tool memungkinkan kita menerjemahkan pilihan menggunakan handle scene view.

3. Move Handle - Handle ini memungkinkan kita bergerak di sepanjang satu axis menggunakan garis atau dua axis menggunakan square dots. RMB-Click pada handle untuk mengakses handle option.

4. Soft Edit Radius - Saat memindahkan point pada satu permukaan, kita dapat menggunakan nilai radius ini untuk membuat falloff lembut saat memindahkan point. Soft Edit Radius tidak berfungsi untuk primitives ataupun Edge.

5. Shading Option - Shading Option menentukan apa yang kita lihat dalam tampilan scene.

6. Slooppy Selection - Tiga tombol komponen dipilih secara bersamaan karena node Edit menggunakan Slooppy Selection yang membuat semuanya tersedia untuk proses pemilihan yang lebih lancar. 

7. Menu RMB - Menu ini memberi akses untuk mengedit tool option seperti jenis pengeditan yang ingin kita fokuskan. Informasi ini juga tersedia di bilah atas scene view. 

8. Component Selection  - kita juga dapat memilih jenis komponen menggunakan menu ini.Tool ini menawarkan opsi yang sama yang akan kita temukan di main toolbar. 

 9. Edit Option - Kita dapat menggunakan menu ini untuk mengedit komponen menggunakan operation,seperti Make Circel dan Straighten Selection.



HANDLE OPTION




   Semua handle memiliki menu yang dapat diakses dengan mengklik RMB pada bagian mana pun dari handle. 


   Menu ini memberi kita opsi untuk menyelaraskan handle, detaching dari parameter node, mode pivot, dan lainnya.

    Anda dapat menggunakan opsi ini untuk menyesuaikan cara kerja handle. Anda juga dapat keyfarame parameter kunci pada pegangan dan mempromosikan semua bagian pegangan ke Aset Digital. Dengan mempromosikan parameter pegangan akan dapat diakses di tingkat aset.


Posting Komentar

0 Komentar