Indo-CG

Tips Menjalankan Unreal Engine 4 di PC Kentang


   CG Indonesia,orang yang sampai ke halaman ini adalah orang yang memiliki minat untuk membuat game ataupun animasi,namun kadang niat yang kuat tidak didukung dengan sarana yang memadai,dalam hal ini adalah spek komputer yang kurang dari sistem standar,namun tidak ada salahnya jika kita ingin tetap berusaha dengan segala keterbatasan.


   Berikut ini tips menjalankan Unreal Engine 4 dengan PC kentang :


1.  Engine Scalability Setting

    Pengaturan scalability Engine bertujuan untuk menyesuaikan Unreal Engine dengan kemampuan komputer kita,Unreal Engine yang memiliki fitur yang sangat banyak membuatnya terasa berat untuk komputer standar.

Di pengaturan Engine Scalability kita bisa mengatur level kualitas material & level preview rendering.

Cara setting Engine Scalability :

• Klik Setting pada Tool bar > Engine Scalability Setting,cek monitor Editor Performance, turunkan setingan quality sehingga komputer kita tidak terlalu terbebani.


Kita bisa pilih setingan Auto agar Unreal Engine menyesuaikan kualitas yang sesuai dengan sistem komputer kita.


2.   Gunakan Unreal Engine 4 versi terbaru,developer Unreal Engine biasanya selalu berupaya meningkatan performa dan kecepatan dalam versi baru,jadi menggunakan versi Unreal Engine terbaru adalah pilihan yang bagus.


3.  Disable View Mode

     View mode bisa di aktifkan atau dinonaktifkan dari Editor melalui menu di Editor ataupun dengan shortcut.Matikan View mode saat tidak dibutuhkan,contohnya saat proses rendering kita bisa unlit View Mode agar proses render lebih cepat.

Untuk informasi lebih detail silahkan kunjungi Unreal Engine doc.


4. Matikan Antivirus


    Jika kita tidak sedang terhubung dengan internet kita bisa mematikan Antivirus. Jika kita memang harus menggunakannya, maka buatlah pengecualian untuk direktori Unreal Engine dari proses scan Antivirus,biasanya terletak di  C:Program Files (x86)Epic Games.

Buat juga pengecualian untuk folder project Unreal Engine,jangan menyepelekan pengaruh antivirus saat kita menggunakan Unreal Engine dan Visual Studio.


5.  Gunakan SSD

  

   Kecepatan SSD sudah tidak diragukan lagi pengaruhnya terhadap sistem yang kita gunakan,harga SSD saat ini juga sudah tidak terlalu mahal,menggunakan SSD untuk OS dan instalasi Unreal Engine akan menjadikan komputermu lebih cepat.Jika memungkinkan,simpan file Project aktif dalam SSD jika ingin performa yang lebih baik.Jika kamu juga menggunakn Visual Studio untuk coding,instal Visual Studio di SSD.


6.  Update Driver VGA

  Pastikan kamu selalu menggunakn versi driver terbaru dari VGA yang kamu gunakan,ini penting untuk optimalisasi VGA.


7. Perhatikan Temperatur


    Temperatur sistem yang terlalu tinggi akan menyebabkan kinerjanya menurun,gunakan semaksimal mungkin sistem pendinginan yang mampu ditampung,jika kamu menggunakan laptop pastikan jangan sampai menggunakannya diatas permukaan yang tidak mampu menyalurkan panas seperti kasur,jangan sampai ventilasi udara terhalang,dan gunakan cooler pad tambahan jika perlu.


8. Pengaturan Power Saving


  Pastikan setingan power saving  pada BIOS tidak dalam posisi “Economic”,hal ini jarang diperhatikan pengguna komputer.


  Itulah beberapa tips untuk mengoptimalkan komputer atau laptop kentangmu di Unreal Engine,penggunaan Komputer Desktop lebih direkomendasika dibanding laptop,untuk alasannya tidak perlu dijelaskan disini.

Semoga bermanfaat..





   

Posting Komentar

0 Komentar