Indo-CG

Tutorial Houdini Dasar Bagian VIII - Penggunaan Select Tool




 Tutorial Houdini Dasar Bahasa Indonesia Bagian VIII,pada bagian ini kita akan membahas penggunaan tool selection.

   Saat kita membuat pilihan di viewport kemudian menggunakan tool, node baru dibuat dan seleksi point, primitives, atau edge terdaftar dalam Nodes Group Parameter. 



    Sebagai contoh di sini kita melihat primitif 5, 6, 9 dan 10 sedang digunakan oleh node polyextrude. Kita dapat melihatnya terdaftar di Nodes Group dan kemudian bisa digunakan untuk meng-extrude faces.




 Jika kita mengubah topologi node geometri yang masuk maka mungkin akan ada lebih banyak atau lebih sedikit face dan ekstrusi yang akan berpindah ke lokasi yang berbeda.Mungkin kita tidak menginginkan ini dan kita mungkin perlu memilih ulang face. 




Untuk melakukan ini, kita bisa memilih polyextrude,kemudian tekan Enter untuk membuka  Handle tool dan tekan ` untuk masuk ke mode re-select. 

Pilih New Primitives lalu tekan Enter dan pilihan baru akan digunakan dalam parameter Grup.



SELECT ALL


   Jika kita ingin memilih semua primitives pada bentuk shape, maka kita akan membiarkan parameter Grup kosong. Bahkan jika topologi geometri yang masuk berubah, semua wajah akan dioperasikan oleh node. Menggunakan Pilih Semua [N] di viewport biasanya akan memastikan bahwa bidang ini tetap kosong saat alat digunakan. Pilih Tidak Ada [Shift N] akan membatalkan pilihan semuanya. 


GROUP NODES


     Node grup memungkinkan kita merujuk ke pilihan point, vertices, polygon, atau edge yang ditentukan berdasarkan nama.

     Kita dapat menentukan kelompok secara interaktif, dengan memilih komponen di viewer,atau secara matematis, menggunakan range atau expression. 


   Nama grup kemudian dapat ditetapkan ke parameter Grup dengan menggunakan point atau primitives number.




Berikut adalah beberapa node Group yang bisa dipilih: 


  • Group Create - Anda dapat menggunakan pilihan interaktif, kotak pembatas, menghadap ke arah normal atau sudut tepi untuk mengisi grup. 
  • Group by Range - Ini memungkinkan kita memilih range dan simple pattern untuk mengisi grup.
  • Group Expression - Dengan node ini kita dapat menggunakan vex ekspression untuk menentukan keanggotaan grup. 
  • Group Paint - Node ini memungkinkan kita menggunakan paint interface interaktif untuk memilih geometri grup.

SELECTION OPTION


1. Edit | Component - kita dapat memilih komponen mana yang ingin dikerjakan dari kumpulan tombol ini.

2. Select Tool - Alat Pilih memungkinkan Anda membuat pilihan. Untuk mengaksesnya tekan tombol pintas S.

3. Secure Selection  - berfungsi untuk mengunci pilihan kita saat menggunakan alat lain. Untuk mengaktifkan Select Tool tekan dan tahan tombol pintas S. 

4. Selection Types - kita dapat menggunakan bilah atas ini untuk mengubah jenis selection.Kita dapat memilih dari Box, Lasso, Brush atau Laser. Disini  juga terdapat beberapa opsi filter. 


5. Edge Loop - Untuk memilih edge loop, kita dapat mengklik dua kali saat memilih edge.Kita juga dapat memilih point loops atau primitive loops menggunakan teknik yang sama. Untuk memilih partial loop, pilih satu edge lalu tekan A dan kemudian ujung edge. Ini berfungsi untuk point dan primitives.


6. Shading Option - Opsi shading menentukan apa yang kita lihat dalam tampilan scene. Gambar diatas menggunakan Smooth Wired Shading.

7. Sloopy Selection - Tiga tombol komponen dipilih secara bersamaan karena node Edit menggunakan pemilihan Sloopy yang membuat semuanya tersedia untuk proses pemilihan yang lebih lancar.

8. Menu RMB - Menu ini memberi kita akses untuk mengedit tool option,contohnya fokus pada salah satu jenis pengeditan. Informasi ini juga tersedia di bilah atas tampilan scene.

 9. Component Selection - kita juga dapat memilih jenis komponen menggunakan menu ini. Ini menawarkan opsi yang sama dengan apa yang bisa ditemukan di bilah alat utama. 

10. Edit Option - kita dapat menggunakan menu ini untuk mengedit komponen menggunakan operasi seperti Make Circle dan straighten.






Posting Komentar

0 Komentar