Indo-CG

Tutorial Houdini Dasar Bagian IX - Transform






   Dari alat transformasi dasar untuk objek, hingga alat pose untuk rig animasi dan node edit untuk membentuk kembali geometri, ada sejumlah alat berbeda yang memungkinkan kita menggunakan handle interaktif di viewport.

  

    Di Houdini, handle ini dekat dengan node yang sedang kita kerjakan. 


TRANSFORM TOOL




   Alat transformasi memberi kita handle yang dapat kita gunakan untuk memanipulasi objek atau membentuk kembali geometri. Saat mengubah objek, parameter pada tingkat objek diperbarui untuk mencerminkan perubahan yang terjadi. 

  • Move  T 
  • Rotate  R 
  • Scale    E 
  • Pose Ctrl-R 


  Saat menggunakan tool ini, kita juga dapat memilih ulang dengan menekan dan menahan S, membuat pilihan baru, lalu melepaskan S dan melanjutkan transformasi. 


TRANSFORM HANDLES


  Saat bekerja dengan Transform handle, kita dapat bekerja dengan satu axis, dua axis, atau bergerak di sepanjang camera plane menggunakan bagian tengah. Handle Rotate dan Scale menawarkan kontrol serupa.



MMB TRANSLATION

Jika Anda tidak ingin mengklik langsung pada pegangan, Anda dapat menggunakan Tombol Tengah Mouse di ruang terbuka yang dikombinasikan dengan tarikan di sepanjang salah satu sumbu untuk menerjemahkan di sepanjang bidang konstruksi. Anda dapat mengubahnya untuk menerjemahkan sepanjang sumbu terdekat dari Edit > Preferences > Handles. Seret MMB dengan gagang putar berputar ke segala arah.




POSE TOOL


Anda menghidupkan, Anda dapat menggunakan alat Pose untuk bekerja dengan tulang dan untuk menampilkan pegangan jalur gerakan yang mengungkapkan gerakan suatu objek. Anda kemudian dapat menggunakan pegangan tangen dan titik bingkai utama untuk memodifikasi gerakan di area pandang.





Tutorial selanjutnya 

Posting Komentar

0 Komentar