Indo-CG

Tutorial Unreal Engine 4 - Membuat Game RPG Bagian I






     Tutorial Unreal Engine 4 membuat game Action RPG ini adalah level Menengah dari seri Tutorial Unreal Engine 4,jika kamu baru di dunia Unreal Engine,ada baiknya baca terlebih dahulu Seri Tutorial Dasar Unreal Engine 4 disini.

     Dalam tutorial ini,kita akan mulai dengan bagaimana membuat game Action RPG dengan Unreal Engine.Dengan menggunakan controler di mode Third-Person  dimana karakter dapat bergerak,melompat,menyerang dan menangkis serangan.Selain itu juga membuat musuh yang akan selalu mengejar dan menyerang karakter yang kita mainkan.

  Dalam tutorial ini juga akan dijelaskan dasar-dasar pengaturan transisi gerakan karakter.Misalnya saat karakter berjalan kemudian berhenti,harus ada transisi dari berjalan kemudian berhenti bergerak sehingga gerakan karakter akan terlihat lebih halus.

    Tutorial ini bisa menjadi dasar untuk pembuatan game yang lebih serius atau bisa sebagai latihan agar lebih familiar dengan sistem kerja Unreal Engine.

   Project Files 

Membuat Project :

   Untuk memulai kita akan membuat sebuah project baru,tidak perlu menyertakan starter content.

   Saat jendela Editor terbuka,silahkn buat empat folder baru :

  • Animations
  • Blueprints
  • Levels
  • Models

Simpan level saat ini kedalam Levels Folder sebagai Main Level.

Download bahan kemudian ekstrak,
Buka folder hasil ekstrak,buka folder Models Contents,copy folder ke folder Project’s Models Folder di direktori Unreal Engine.

   Lakukan hal yang sama pada folder Animations Contents,ketika muncul perintah untuk memilih Kerangka untuk Animasi(skeleton for the animation),pilih salah satu pemain musuh sesuai dengan animasi. 

   Sekarang kita memiliki kedua model dan semua musuh yang kita butuhkan untuk proyek ini.

 Sebelum keta mulai membuat pemain,kita perlu mengatur Control Inputs.Caranya,pada jendela Project Setting (Edit > Project Sttings) pergi ke Input Screen.
   
  Disini kita akan membuat tiga Action Mapping dan dua Axis Mapping baru,Isi seperti gambar dibawah :


Membuat Player


Sekarang kita akan membuat pemain kita.

Di folder Blueprint ,buatlah blueprint baru bernama Player.Kemudia klik dua kali untuk membuka Blueprint Editor.

   Saat ini kita telah memiliki components yang berhasil dibuat :

1. Capsule Component (untuk collision)

  • Arrow Component (mendefinisikan arah maju)
  • Mesh ( Jaring kerangka Player )

2. Character Movement(berjalan,berlari,,lompat,dll.)

Pertama,pilih Mesh,

  • Setting Skeletal Mesh ke Player Model
  • Set Skeletal Mesh ke Player Model
  • Set Location ke 0, 0, -90
  • Set Rotation ke 0, 0, -90

 Ketika melakukan gerakan menyerang(attack),kita harus memeriksa apakah kita sudah mengenai suatu objek.Hal inilah fungsi dari damage collider (collision) atau benturan.

 Buat komponen Box Collision baru dan juga jadikan sebagai child dari mesh.

  • Setingan Location -20, 100, 100 
  • Setingan Box Extens 20, 32, 32
  • Rubah setingan Simulation Generates Hit Events menjadi Enable
  • Seting Collision Preset ke Trigger

Berikutnya kita perlu melakukan seting kamera,agar kamera beredar disekeliling Player kita,

Pertama kita buat komponen Spring Arm,ini akan menjaga jarak antara Player dan children.

  • Seting Location 0, 0, 70
  • Seting Rotation  0, -20, 0


Sebagai child dari spring arm,buatlah komponen Camera

  • Seting Location ke 0, 60, 0

Sekarang kita memiliki semua seting Componen yang kita perlukan,berikutnya kita bisa memulai dengan seting variabel.

  • Damage (Integer)
  • CurHp (Integer)
  • MaxHp (Integer)
  • Attacking (Boolean)
  • Blocking (Boolean)

Kemudian kita bisa klik tombol Compile dan mengisinya dengan beberapa nilai default.

  • Damage = 1
  • CurHp = 5
  • MaxHp = 5

Berikutnya silahkan kembali ke Level Editor dan buat sebuah blueprint baru.Ini akan menjadi Induk dari GameModeBase yang disebut MyGameMode.Buka dan disini kita seting Player ke Default Pawn Class.


  Kembali ke level editor,kemudian pergi ke World Settings kemudian seting Game Mode Override ke MyGameMode.
Kemudian kita tekan Play,dan Player akan ter-spawn.


Tutorial Unreal Engine - Membuat Game RPG bagian I kita cukupkan sampai disini.












Posting Komentar

0 Komentar