Indo-CG

Tutorial Unreal Engine Basic Bagian XVI - Player Start & Test Level




 Tutorial Unreal Engine 4 Basic Bagian XVI,pada bagian ini kita akan membahas tentang Player Start & Test Level, bagian ke - 13 dari Tutorial Dasar Unreal Engine bahasa Indonesia,baca juga bagian pertama dari tutorial ini disini.


  Player Start adalah titik dimana karakter player muncul pertama kali dalam sebuah level,setiap lingkungan yang kita buat harus memiliki setidaknya satu Player Start.

Memasukkan Player Start

   Jika kita membuat sebuah environement stand-alone yang tidak memerlukan partisipasi player,kemungkinan kita tidak membutuhkan Player Start,tapi biasakanlah untuk tetap memasukkan satu player start.


Untuk menambahkan Player Start kita bisa membuka Place mode (Shift + 1),kemudian pilih Base > Player Start.


 

Klik tahan player Start dan seret player start dari menu ke level viewport.



Gunakan gizmo untuk merubah posisi player start.


Cara lain untuk memasukkan player start yaitu dengan klik kanan pada viewport,kemudian pilih Place Actor > Player Start.



Tes Level 

Kita akan menggunakan perspektif viewport sebagai view utama yang mewakili tampilan dari level yang kita buat.

Ada dua shortcut penting yang bisa kita gunakan untuk menguji level yang kita buat dalam game.


G : Game Mode 

• Ctrl + R : Real Time

Salah satu fitur paling powerfull di Unreal Engine 4 adalah kemampuan untuk spawn player kedalam level dan playtest hanya dengan menekan satu tombol.

Dalam perpektif viewport,klik kanan di titik dimana  kita ingin spawn player kemudian pilih Play From Here, dan player akan ter-spawn dititik yang kita pilih.


   Untuk opsi tambahan kita bisa menggunakan drop-down menu dan memilih bagaimana kita akan mencoba memainkan level,seperti Selected Viewport ,Mobile Preview,Standalone Game ataupun Simulate.



Untuk menggunakan Player Start sebagai titik spawn,pilih Selected Viewport.


Catatan : Apapun pilihan terakhir yang kita pilih akan menjadi satu set dengan sebuah Icon di Toolbar atas.

  Jika level yang kita buat tidak memiliki Player Start,maka player akan ter-spawn dimana kamera view berada. Jadi sangat disarankan agar kita tetap membuat setidaknya satu Player Start didalam level yang kita buat.


Blank Project akan meng-spawn sebagai free floating camera pada Player Start ataupun dari posisi view camera.

Selected Viewport : memainkan active viewport

New Editor Window : memulai  Play in Editor di jendela baru

Simulate : mensimulasikan game didalam viewport yang aktif


Tekan Escape untuk keluar dari play testing and simulate

Esc  : keluar dari Play dalam Editor


Kita juga bisa menguji dengan memainkan level sebagaimana player melihat dari menu game yang dimainkan.Jadi jika kita sudah memiliki SetUp UI (User Interface) untuk memulai map,ini akan sama dengan apa yang dilihat oleh player yang akan memainkan game ini nantinya.Pilih Standalone Game atau Mobile Preview sebagai pilihan launch.


Standalone Game : memulai game di jendelanya sendiri dan membuka level melalui game menu,inilah bagaimana end-user akan melihat dan mengakses level ini dan memainkan gamenya.


Mobile Preview : memulai game dan membuka level  di jendelanya sendiri dan juga menampilkan sebagai mobile preview untuk menguji bagaimana game ini dimainkan oleh pengguna akhir  dan bagaimana game ini ditampilkan dalam mobile device.


Tekan Alt + F4 untuk keluar dari Standalon Game dan Mobile Preview testing.


• Alt + F4 : exit Standalone Game or Mobile Preview


Cara yang dipilih untuk spawn kedalam level akan sangat bergantung pada template yang kita pilih saat memulai project.Sebagai contoh jika kita menggunakan template game FPS Shooter,maka spanwing kedalam level akan seperti ini :


Spawning kedalam game Third Person Shooter Template :



Beberapa pengaturan tambahan yang bisa diganti untuk fungsi Play di Editor bisa kita buka dengan cara pergi ke  : Edit > Editor Preferences > Level Editor : Play




  





 







  

Posting Komentar

0 Komentar