Indo-CG

Tutorial Unreal Engine - Basic Bagian I



      Tutorial Dasar Unreal Engine Bagian I - Membuat Project 

Pada tutorial ini kita akan membahas bagaimana Membuat Project menggunakan Unreal Engine ,sebelumnya pastikan kamu sudah menginstal Unreal Engine,jika belum kamu bisa membaca bagaimana cara download dan instal Unreal Engine disini.

   Tutorial ini ditujukan untuk pemula yang tidak memiliki basic apapun di Unreal Engine.

      Pertama kita buka Unreal Engine melalui Epic Games Launcher,dibawah ini adalah tampilan Epic Game Launcher,pilih Unreal Engine pada lingkaran merah,


Berikutnya menu Unreal Engine akan muncul seperti gambar dibawah.Pilih Library,dan akan muncul versi Unreal Engine yang sudah kamu Instal,maupun yang belum diinstal.



 Sangat direkomendasikan untuk menggunakan versi terbaru,pilih Launch dan akan muncul jendela pop-up seperti dibawah ini :
  

Langsung saja pilih game(gambar Joystick),kemudian akan muncul jendela baru :
   Berikutnya kita bisa memilih template yang tersedia,kita akan menggunakan Third-Person,klik Third Person,kemudian klik Next,dan akan terbuka jendela baru :

Pada jendela project setting kita pilih saja menggunakan Blueprint,

Blueprint andalah bahasa scripting visual yang sangat powerfull,dengan Blueprint kamu tidak harus memiliki pengetahuan tentang programing dan tidak perlu menyusun coding cc++.

  Kamu bisa membangun seluruh game atau level interaksi sederhana hanya dengan Blueprint,baru setelah mahir menggunakan Unreal Engine kamu bisa belajar bahasa pemrograman.

  Pada bagian ini kita bisa menentukan dimana project akan disimpan,silahkan isi juga nama project agar mudah dikenali,lainnya biarkan saja secara default,kemudian klik Create Project.
Tampilan awal Third Person Pjoject
   Dan seperti itulah tampilan awal project kita.Jika kita klik play kemudian selected viewport,kita sudah bisa menggerakkan karakter,berjalan,berlari,dan melompat dengan tombol di keyboad seperti kita bermain game pada umumnya.


Sampai disini saya sudah sangat bahagia saat awal menggunakan Unreal Engine.
 
  Untuk memeriksa lingkungan yang kita bangun,mungkin ada yang tidak bisa dilihat dari sudut pandang orang ke-3(Third Person),maka kita bisa mengaktifkan free cam dengan menekan F8,dan kita bisa memeriksa dari ujung ke ujung.

    Untuk keluar dari mode Free Cam kita bisa menekan Poses lagi atai F8.

    Baca lanjutan Tutorial Unreal Engine Basic Bagian II  : 

Bagian II - Menggunakan Starter Content



Tutorial Lengkap Unreal Engine 4 Bahasa Indonesia





  















Posting Komentar

0 Komentar