Indo-CG

CGI | Pengertian dan Penerapan dalam Film Modern

 


   Computer Generated Imagery (CGI) secara umum berati Pencitraan yang di hasilkan Komputer.Imagery sendiri berasal dari kata Image yang berarti segala objek visual yang dirubah atau dimodifikasi dengan komputer,atau objek imajiner yang dibuat dengan komputer.

   Dalam dunia Perfileman CGI biasa digunakan untuk membuat efek visual dengan grafik komputer 3D.

   Jika kamu sudah menonton Fast and Furious 7,Paul Walker (Brian O’ Conner) dalam film itu merupakan hasil rekayasa CGI karena Paul Walker sudah meninggal karena kecelakaan.


   Meskipun biaya produksi film itu melonjak hingga USD250 Juta atau setara 3.2 triliun Rupiah demi menghidupkan karakter Paul Walker dengan efek CGI,biaya itu bisa tertutupi karena hanya dalam waktu 17 hari setelah rilis telah menghasilkan 13 triliun Rupiah.

   Software yang digunakan untuk membuat efek CGI bermacam macam,ada 3Ds Max,Maya,Cinema 4D,Houdini,dan masih banyak yang lainnya.

   Untuk Hardware yang digunakan studio Hollywood tentu saja berbeda dengan yang ada dipasaran saat ini,Studio sekelas Sony Pictures menggunakan RAM sebesar 5 Terabytes,dimana belinya?

   Beebrapa film yang menggunakan efek CGI diantaranya Fast and Furious,Pirates of The Caribbean,Avengers,dan film bergenre Superhero lainnya.


  Untuk film lokal ada Rafathar,Bangkit,Foxtrot Six,Garuda Hero,Gundala,dan masih banyak lainnya.
   
   Yang pasti biaya untuk film dengan efek CGI tidaklah murah.Meskipun untuk beberapa film efek CGI-nya terlihat murahan,tapi biayanya tetap saja tidak murah.

   Lalu bagaimana jika kita yang minim budget bahkan miskin budget ingin membuat sebuah film CGI? bisa saja,yang paling penting adalah mau terus belajar dan sering berkunjung ke blog ini.

  
   

  

  


Posting Komentar

0 Komentar