Indo-CG

Reallusion Iclone,Semua Fitur Untuk Menghasilkan Animasi 3 Dimensi.







 Iclone adalah sebuah software animasi 3 Dimensi yang sangat praktis dan cukup ringan buatan Reallusion,dengan Iclone kita bisa membuat animasi yang keren layaknya Studio kelas dunia namun dengan biaya dan juga tenaga yang jauh lebih sedikit. 

   Jika dalam sebuah software 3D seperti Maya,3Ds Max,Cinema 4D,Blender,Z Brush,dan lainnya kita hanya mendapati sebuah jendela kosong ataupun objek 3D dasar,jika kita menginginkan sebuah karakter maka kita harus membuatnya dari nol,memerlukan waktu dan tenaga yang sangat banyak,namun di Iclone kita akan mendapati berbagai macam konten layaknya kita sedang memainkan sebuah game,ada berbagi Inventori didalamnya,kita bebas mengganti pakaian dan aksesoris karakter sesuai tema dari Animasi yang ingin kita buat.

    Didalam Iclone sudah tersedia Karakter,berbagai macam props,langit,Latar atau terain yang siap untuk digunakan.

  Secara garis besar Iclone layaknya sebuah kanvas,dan kita bisa berkreasi didalamnya.Dalam versi standar kita sudah mendapatkan karakter,motion,props,dan juga konten pendukung lainnya.

   Didalam artikel ini saya akan mencoba menjelaskan secara detil apa itu Iclone,apa saja yang ada didalamnya,dan juga seperti apa kualitas animasi yang bisa dihasilkan.

Karakter



      Dalam Iclone karakternya disebut iAvatar,ada beberapa jenis karakter yang bisa digunakan di Iclone,

* Standard Character

 Ini adalah jenis karakter yang full suport semua fitur Iclone,pada karakter jenis ini kita bisa dengan mudah mengganti pakaian,rambut,sepatu,dan juga aksesoris. 


Standard Character dibuat dengan Character Creator

Karakter jenis ini juga bisa kita buat dengan menggunakan Character Creator,dan yang menarik adalah fitur Transform yang memungkinkan kita untuk menggunakan model karakter dari Daz3D yang memiliki ribuan koleksi karakter.



* Non Standard Character

Non-Standard Character Hulkbuster

 Adalah karakter yang di Import dari software 3D lainnya,ini memungkinkan kita menggunakn karakter yang kita buat di 3DS Max,Maya,Blender maupun software lainnya.Kekurangannya adalah kita tidak bisa dengan mudah mengganti pakaian,rambut,maupun aksesoris.

Untuk proses import karakter ini kita memerlukan 3DXchange yang juga buatan Reallusion untuk proses mapping bone.


* Non Human Character

Non-Human Character


  Adalah karakter non-manusia yang bisa import dari Software 3D lainnya.

Non-Human Character ini tidak bisa menggunakan gerakan (motion) standar Iclone.

   Perbedaan mendasar dari ketiga jenis karakter :

*Standar Karakter : suport penggantian pakaian(iCloth),rambut(iHair),maupun aksesoris lain.Suport motion standar Iclone.

* Non Standard Character : Tidak suport penggantian pakaian,rambut tapi masih suport gerakan dasar Iclone(iMotion)

* Non-Human Character : Tidak suport iCloth maupun iMotion,jika ingin menganimasikan karakter ini harus dilakukan secara manual,atau saat proses Import menggunakan 3DXchange sekaligus dengan animasi.


Gerakan (iMotion)

  Motion atau gerakan dinamakan iMotion,dalam direktori Iclone sudah tersedia berbagai macam gerakan,jika belum ada kita bisa download atau membelinya di Reallusion Marketplace.Ada banyak sekali motion pack di Marketplace seperti Assassin Moves,Army,Action Movies,Social,Magical Power,dan masih banyak lagi.

  Opsi lainnya kita bisa membeli Plug-in untuk motion capture sehingga kita bisa menggunakan Mocap Suit seperti Noitom Perception Neuron,Rokoko Suit,maupun Xsens.

  Untuk pilihan yang lebih ekonomis kita bisa menggunakan Kinect milik XboX untuk motion capture,selain itu kita cuga bisa menggunakan bantuan iPhone untuk mocap gerakan tubuh maupun gerakan wajah.


Props (iProps) dan Aksesoris 

  Props dan Aksesoris yang tersedia tidak terlalu banyak,tapi kota bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan software pemodelan 3D seperti Maya,3DS Max,maupun software lainnya dan import ke Iclone dengan bantuan 3DXchange.

  Jika ingin lebih praktis kita bisa membeli di Marketplace,selain props berbayar masih ada yang gratis juga.


Terrain 

      Selain Karakter dan Props kita juga memerlukan Terrain untuk animasi kita agar lebih kaya dan menarik,ada beberapa terain yang tersedia,tapi kita juga bisa membuat terain kita sendiri dengan menggabungkan beberapa props yang nantinya bisa kita konversi menjadi Terrain.


Render


   Di Iclone kita bisa merender animasi yang kita buat dengan Iclone Native render ataupun menggunakan bantuan pihak ke-3,dan yang paling keren kita bisa merendernya dengan Unreal Engine maupun Unity secara langsung dengan bantuan Live Link. 


Video dibawah ini adalah contoh animasi yang dibuat dengan Iclone :





Posting Komentar

0 Komentar