Indo-CG

Membuat Scene Arena Perang dengan Iclone


   Halo semua,hari ini kita akaan membuat scene arena pertempuran bertema Timur Tengah dengan Iclone 7,pertama saya import dulu sebuah karakter prajurit sebagai acuan sekaligus kita jadikan poros view agar lebih mudah dalam pengeditan.

 1. Siapkan Ground

     Pertama kita buka jendela Content (F4),buka objek untuk lantai jika sudah berikan material,saya menggunakan material pasir pantai dengan beberapa kerikil agar groung tidak monoton.Setting material dengan membuka jendela modify(F6) dan pilih material yang akan diedit,buka uv setting ubah bagian tilling menjadi 4 kali,jangan lupa ceklist dulu pada bagian Lock ratio dan affect all channel agar selalu sama antara panjang dan lebar.

    Saat kita meningkatkan nilai tilling maka teksture material pada ground akan di till,tapi heightmap atau roughnessnya nilainya tetap sama,jadi kerikil pada material ground kita akan nampak terlalu tinggi,maka kita sesuaikan lagi roughness map,kita kurangi nilainya agar lebih sesuai.

   material Heightmap atau roughness mempengaruhi ketebalan objek,sesuaikan lagi ketingginan objek agar sesuai dengan karakter,edit pada bagian transform dan rubah nilai z axis.

2. Menambahkan Langit 

   Di Iclone untuk membuka jendela langit atau iSky buka content > prop >sky,pilih langit yang sesuai dengan tema kita yaitu timur tengah,saya menggunakan lagit gurun.

3. Penyesuaian Ground dan Background (Langit)

    Ini hal penting yang banyak diabaikan orang,kesesuaian ground dan langit sangat penting agar scen kita lebih realistis dan juga menghemat penggunaan objek untuk memblok view pada ujung ground.

Material ground ini adalah substance material,untuk bisa mengatur warna tekstur material ini kita harus melakikan bake substance tekstur terlebih dahulu agat kita bisa menyesuaikan warna teksturnya.

atur warna tekstur agar serasi dengan warna background.





Posting Komentar

0 Komentar