Indo-CG

Blender Tutorial - Mix Texture

 Mencampur teksture diperlukan untuk menghasilkan objek yang lebih bervariasi dan menarik,lantas bagaimana cara mencampur atau menggunakan lebih dari satu tekstur pada sebuah objek?


Pertama buka Blender,hapus default objek yang ada di viewport,dalam kasus ini kita akan menggunakan plane sebagai contoh.


Tekan Shift + A kemudian pilih add Mesh > Plane




Berikutnya beralih ke edit mode dengan menekan Tab.

Klik kanan pada objek kemudian pilih Subdivide.




Ubah nilai pada kotak Number of Cuts,semakin tinggi nilainya semakin halus objek yang dihasilkan,tapi tentu saja ukuran objek juga lebih besar.

Selanjutnya pilih Shader,dan saat jendela shader editor terbuka seperti gambar dibawah ini klik tanda " + " pada kolom material untuk menambahkan material.

Tekan Shift + A kemudian tambahkan image teksture 


Tekan Shift D untuk menduplikasi nodes teksture image karena kita akan menggunakan dua tekstur yang akan kita mix.

Klik open pada tiap image teksture nodes dan pilih teksture yang ingin kita pakai,ini adalah tekstur yang kita simpan di komputer,jika tidak punya kamu bisa download.

UNtuk mencampur dua tekstur ini kita harus menambahkan satu nodes lagi tapi bukan teksture image,melainkan mixRGB,kemudian hubungkan seperti contoh dibawah ini.


Berikutnya buat satu lagi teksture image yang nantinya kita gunakan untuk masking,
Klik Shift + A > add > teksture > image texture.



Kali ini tidak perlu menambahkan gambar teksture,cukup pilih New dan beri nama " Mask "

Jika sudah,hubungkan nodes seperti gambar dibawah ini.


Berikutnya kembali ke Texture Paint mode


Pada jenddela paint pastikan yang terpilih adalah Mask.

Gunakan kuas untuk menyapu objek,dan kalian bisa langsung melihat hasilnya.
























Posting Komentar

0 Komentar