Indo-CG

Render Engine Terbaik Untuk Blender

  

  Blender sendiri memiliki 3 render engine dan juga banyak sekali renderer pihak ketiga yang tersedia,salah satu render engine bawaan Blender adalah Cycles,apa kelebihannya? Berikut ulasannya. 


cycles-renderer.org

Cycles memiliki fitur yang melimpah dan kulitas produksi mengagumkan yang tersedia didalam Blender.Cycles merupakan path-tracing engine, yang mana sangat baik dalam menciptakan kembali pantulan cahaya di sekitar pemandangan dan berinteraksi dengan berbagai elemen di dalamnya. Cycles digunakan di banyak produksi TV dan Film, termasuk film Netflix Next Gen produksi studio asal Kanada,Tangent Animation.

Next Gen - Netflix


Cycles selalu ditingkatkan dan diperbarui, dengan pengembangan terbaru yang berfokus pada optimalisasi . Hal ini menjadikan Cycles sebagai path tracer yang relatif cepat disertai fitur yang mengesankan, terutama dengan penambahan rendering bertenaga OptiX, yang memungkinkannya memanfaatkan inti RTX untuk meningkatkan kecepatan rendering secara drastis. Cycles juga mendukung multiple viewport dan render denoiser, termasuk denoiser OIDN (CPU) dan OptiX (GPU) yang kuat.

cycles-renderer.org

  Selain itu Cycles juga dilengkapi dukungan rendering multi-GPU untuk GPU Nvidia maupun AMD serta dukungan rendering "Hybrid" GPU + CPU dengan tile-stealing.


Namun disamping itu aemua,Cycles masih memiliki kekurangan,antara lain belum mampu di area seperti caustics, dalam hal ini Cycles kalah dari LuxCoreRender  dalam hal kecepatan dan akurasi. Itu juga menghilangkan light-linking, dimana fitur ini justru sangat diharapkan hadir dalam renderer pesaingnya.

 

Selain Blender,Cycles juga telah diporting dengan Cinema 4D melalui Insydium’s Cycles 4D,dengan demikian Cycles Bukan hanya digunakan didalam Blender saja,tapi juga Maxon Cinema 4D.



Posting Komentar

0 Komentar