Indo-CG

Rahasia Membuat Animasi 3D Modern | Jalan Pintas Tercepat Membuat Animasi

 

Source : mixamo

    CG Indonesia,hari ini kita akan membahas cara tercepat untuk membuat animasi dengan berbagai level.Mulai dari pembuatan karakter,pembuatan rambut karakter,pakaian dan aksesoris,gerakan karakter,properti,hingga rendering dengan berbagai level kualitas.


1. KARAKTER

Source :Reallusion

      Karakter adalah bagian penting dari Animasi,membuat karakter secara manual dengan software pemodelan 3D seperti Blender,Maya,3DS Max,ataupun lainnya akan memakan waktu yang sangat lama,apalagi kalau kamu adalah pemula.

      Ada cara yang lebih cepat yang bisa kita gunakan yaitu dengan menggunakan Character Creator ataupun Karakter Generator.

2. RAMBUT

Source :gumroad

     Sama halnya dengan karakter,aplikasi pembuat karakter ataupun generator karakter biasanya juga menyediakan berbagai pilihan gaya rambut.

  Di Blender ada berbagai plugin untuk pembuatan rambut seperti Hair Tool dan Hair Extension Tool Kit.

  Maya memiliki plugin seperti Ornatrix,XGen,NHair,dan Yeti. Begitu juga software lainnya.


3. PAKAIAN DAN AKSESORIS

Source : marvelous

      Pembuatan pakaian dan aksesoris secara manual tentu menguras tenaga dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit,karakter generator ataupun kreator juga memiliki opsi pakaian dan aksesoris tapi jumlahnya terbatas.


    Untuk membuat pakaian dengan lebih cepat kita bisa menggunakan Marveluous designer ataupun plugin pembuat pakaian yang tersedia untuk berbagai software seperti Blender,Maya,maupun 3DS Max.


4. MOTION / GERAKAN KARAKTER

Source :deepmotion

     Membuat gerakan karakter secara manual tentunya membutuhkan skill dan waktu yang lama.Cara tercepat adalah menggunakan teknologi motion capture.

    Berbagai pilihan mocap suit tersedia jika kamu memiliki cukup modal untuk membelinya,tapi jika dana terbatas atau bahkan tidak ada,maka kita bisa menggunakan website yang memiliki fitur mocap seperti deepmotion ataupun menggunakan motion dari Mixamo yang jumlahnya sangat banyak.


5. PROPERTI


     Banyak sekali website yang menyediakan aset 3D secara gratis,berbagai jenis model 3D yang bisa kita download secara gratis.

Beberapa website penyedia aset 3D gratis terbaik diantaranya :

• Free3D.com

• Turbosquid

• CGTrader

• Clara.io

• 3DSky

• dll


6. RENDERING


   Untuk opsi ini tentunya menyesuaikan spesifikasi komputer yang kamu gunakan.Untuk rendering cepat dangan kualitas yang baik dan juga spesifikasi yang tidak terlalu tinggi,kamu bisa menggunakan Iclone.

Untuk hasil yang lebih maksimal bisa menggunakan Render Engine seperti Vray,MentalRay,Redshift,Nvidia Omniverse,Radeon ProRenderer,dll.


Posting Komentar

0 Komentar