Indo-CG

Pemrograman C++ Dasar - Variable

 


DATA

   Data adalah bagian penting dan integral dari programing,seperti fungsi daun pada sebuah pohon.

  Coba kita perhatikan beberapa aplikasi berbasis menu (menu-based) ataupun aplikasi sebesar Amazon,kita harus menyimpan dan dan mengakses berbagai macam data dari sebuah aplikasi berbasis menu sebaik Amazon.


    Amazon perlu mengingat jejak sejumlah item didalam chart,jumlah item yang tersedia untuk berbagai jenis produk,harga produk,dan masih banyak lagi.


  Data produk didalamnya harus selalu update,baik mengenai jumlah stock tersedia,perubahan harga,dan sebagainya.Hal ini membawa kita ke konsep variabel.


VARIABLE

  Variabel adalah nama dari sebuah lokasi (tempat) dalam sistem penyimpanan (memori) dalam komputer kita,yang mana menyimpan berbagai data yang kita butuhkan.

  Sebagaimana kita tahu bahwa data ini bisa berubah setiap waktu, karenanya nama variable artinya sesuatu yang bisa bervariasi selama satu periode.


Variable : Vary (bervariasi) + Able (dapat)


  Variable dalam programing C++ digunakan untuk menyimpan dan memanipulasi data,atau lebih tepatnya dalam semua programing.

   Gambaran mudahnya,ambil tiga buah kotak yang sama warna dan ukurannya untuk menyimpan bola,buku,dan sepatu.Agar kita mudah menemukan ketiga barang berbeda dalam tiga kotak yang sama maka kita perlu memberikan label. 


CONTAINER


   Sama halnya dengan dengan saat kita menyimpan data dalam memori,kita menyimpannya dalam variable yang berfungsi sebagai container.Container ini adalah box dan value adalah sebuah objek (bola,buku,sepatu) dalam contoh diatas.


 Sekarang komputer  memiliki memori ukuran besar ,kita menyimpan data di memori dan memberinya label (variable),karenanya kita menyebutnya nama lokasi memori.


Gunakan Variable untuk menyimpan data dalam C++


  

Posting Komentar

0 Komentar