Indo-CG

Kuliah Perfileman di Indonesia Vs Malaysia

 


   Beberapa sineas Indonesia yang sukses di dunia perfileman Indonesia kebanyakan adalah lulusan Universitas luar negeri,sebenarnya ada gak sih kuliah perfileman di Indonesia?bagaimana dengan megara tetangga Malaysia?


    Berikut ini Perguruan Tinggi di Indonesia dan Malaysia yang memiliki jurusan perfileman :


Indonesia 


1. Universitas 45 Surabaya

    Universital 45 Surabaya memiliki jurusan Peogram Studi TV dan Perfileman dengan kualifikasi Diploma 3 (D3) dengan program pembelajaran selama 3 tahun.

2. Universitas Potensi Utama

    Univeritas Potensi Utama terletak di Medan Sumatera Utara yang memiliki program studi S1 Program Studi Televisi dan Film.

   Mata Kuliah wajib di Universitas Potensi Utama diantaranya Dasar Seni Film,Dramaturgi,Workshop Visual,Editing,Produksi,Animasi,Penyutradaraan Animasi,Komputer Grafis I,dll.


Malaysia


1. Limkokwing University of Creatove Technology

    Limkokwing University yang terletak di Kuala Lumpur Malaysia ini memiliki program S1 dan S2 Animasi dan Desain Multimedia.

 Program S1 memiliki kurikulum Creative Studies 1,Life Drawing1,Design Studies 1,Computer Graphic 2,dll

 Sedangkan Program S2 memiliki kurikulum Graduate Seminar,Digital Media Society,World Cinema,Creative Screenwriting,Advanced TV Production & Animation,dan Documentary in Digital Age.


2. IACT College

    IACT College memiliki Program Diploma 3 (D3) Broadcasting & Film,terletak di Petaling Jaya, Selangor,Malaysia.

  Memiliki kurikulum Computer Graphics,Photography and Digital Imaging,Motion Graphics,Creative Execution and Production,dll


3. Kuala Lumpur Meteopolitan University College (KLMUC)

   KLMUC memiliki Program Diploma 3 (D3) Broadcasting & Film,dengan kurikulum Visual Storytelling,PC Competency,Production Management,Cinematography,Camera & Lights,TV Production,Production Design,dll.


4. Tunku Abdul Rahman University College (TAR UC)

    TAR UC memiliki Program S1 Bachelor of Communication in Broadcasting,Biaya untuk kuliah selama 3 tahun sebesar Rp118.776.092,- untuk mahasiswa lokal dan Rp176.259.565,- untuk mahasiswa dari luar Malaysia.


5. Curtin University Serawak Malaysia

   Curtin University memiliki Program S1 Bachelor of Arts - Mass Communication dengan kurikulum utama Corporate Screen Production and Public Relation Stream,Marketing Stream,dan Jurnalism Stream.


  Biaya kuliah selama 3 tahun di Curtin University sekitar 232 juta rupiah untuk mahasiswa lokal dan 369 juta rupiah untuk mahasiswa dari luar malaysia.


Itulah beberapa pilihan gang tersedia jika kamu ingin melanjutkan pendidikan untuk menjadi sineas profesional,semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar