Indo-CG

Cara Menggunakan Niagara Bagian II - Membuat Efek

  Cara Menggunakan Niagara di Unreal Engine,pada bagian kedua ini kita akan membuat efek dengan niagara setelah dibagian sebelumnya kita sudah membuat mesh shape dan memberinya material.

  Sistem dan transmitter dalam Niagara bersifat Independen,inilah salah satu kelebihan Niagara dibandingkan Cascade.


  Untuk memulai dengan mudah kita bisa memulai dengan membuat sistem Niagara dari emitter atau template emitter yang ada,berikut caranya :


1. Buat sistem Niagara dengan klik kanan di Content Browser,setelah muncul jendela menu Create Advanced Asset,Pilih FX > Niagara System.



2. Pada Jendela yang muncul pilih ‘New system from selected emitter(s)’ kemudian klik ‘Next’.


3. Dibawah Template pilih Simple Sprite Burst,untuk menambahkannya emitter ini ke sistem Niagara klik tanda ‘+’ dibawahnya.


4. Beri nama sistem Niagara yang kita buat dengan nama FX_FootstepDustPoof.

  Nama default dari Instance emitter yang baru saja kita tambahkan di sistem yang kita buat adalah SimpleSpriteBurst.Agar memudahkan pengelolaan kita bisa mengganti namanya dengan mengklik namanya di System Overview,kemudian kita bisa ganti namanya menjadi FX_FootstepDustPoof.


5. Kita tidak akan menemukan apapun di preview,karena kita harus terlebih dahulu mengatur mesh dan material di Renderer

 Di System Overview pilih Renderer untuk membukanya di panel Selction.


6. Hapus Sprite Renderer dengan meng-klik ikon tempat sampah.


7. Buat Mesh Renderer dengan meng-klik tanda ‘+’ kemudian pilih Mesh Renderer.


8. Tambahkan mesh yang telah kita buat pada tutorial pertama dengan klik dropdown menu kemudian pilih mesh yang telah kita buat.


9. Klik kotak pada Override Material untuk mengaktifkannya,kemudian klik tanda ‘+’ untuk menambahkan Array Elements pada Override Material (Array Elements secara default = 0).


Klik pada dropdown sebelah kanan Explicit Material kemudian pilih material yang sudah kita buat pada tutorial pertama.

Pada bagian Facing Mode gunakan dropdown dan pilih Velocity.


10. Dari Content Browser Drag & Drop System Niagara  ke level,letakkan didekat kaki karakter player,sehingga kita bisa menyesuaikan bentuk dan ukuran yang sesuai dengan karakter.

  Disini kita bisa mulai mencoba dan melihat hasil dari efek partikel yang telah kita buat dan bisa segera mengeditnya bila dirasa ada yang kurang pas.


  Sekian tutorial bagian kedua tentang cara menggunakan Niaga,sampai disini kita sudah memiliki sistem Niagara dan Instance Emitter.









Posting Komentar

0 Komentar