Indo-CG

Tutorial Unreal Engine Basic Bagian XIII - 20 Tool & Editor

 


  Tutorial Unreal Engine 4 Basic Bagian XIII,pada bagian ini kita akan membahas tentang 20 Editor & Tool yang Sering digunakan dalam Unreal Engine.Bagian ke - 13 dari Tutorial Dasar Unreal Engine bahasa Indonesia,baca juga bagian pertama dari tutorial ini disini.

  Memahami bagian ini akan mempercepat proses belajar dan pekerjaan di Unreal Enggine selanjutnya.

  Unreal Engine sendiri memiliki berbagai Editor didalamnya.

Level Editor atau world editor adalah tempat dimana kita membuat environment,kita bisa memasukkan BSP geometry,static mesh,light,gameplay terintegrasi dan level actor lainnya yang diperlukan untuk membuat environment.


  Kemudian didalam Unreal kita bisa mengatur SubEditor tambahan seperti :

• Static Meshes Editor

• Material Editor

• Texture Editor

• Blueprint Editor

• Cascade Editor ( Partikel )

• Sequncer Editor ( Film / Cinematics )

• Matinee Editor

• Persona Editor ( Animation )

• UMG UI Editor ( User Interface )

• Behavior Tree Editor ( AI )

• Sound Cue Editor

• Paper 2D Sprite & Flipbook Editor

• Physics Asset Tool Editor

• Media Player Editor


Untuk mengetahui lebih banyak tentang editor ini kita bisa berkunjung ke https://docs.unrealengine.com/en-us/GettingStarted/SubEditors .

Static Mesh Editor digunakan untuk melihat preview dan merubah properties dari objek 3D yang kita import seperti material,rendering,lightmaps,collision,UV dan LOD ( Level of Details ).


Material Editor, adalah tempat dimana kita bisa membuat dan mengedit properti bagaimana tampilan fungsi material.Material adalah apa yang kita aplikasikan kedalam static mesh.

BSP burush dan dan Landscape digunakan untuk membuat tampilannya.

Texture Editor, digunakan untuk mengedit properti dari tekstur dalam Unreal Engine.


Blupeprint Editor, adalah tempat kita mengatur kerja Blueprints. Blueprints adalah  bahasa visual scripting dalam Unreal Engine yang bisa digunakan dalam Editor meskipun kita tidak memiliki kemampuan programming C++ .


Cascade, adalah partikel editor yang bisa digunakan untuk membuat dan mengedit efek pertikel dalm Unreal Engine,dan yang terbaru sekara Unreal memiliki Niagara dengan kemampuan yang lebih baik.


Sequencer Editor,digunakan untuk membuat dan mengedit in-game Cinematic ( Cutscene ) . Sequencer Editor adalah pengganti Matinee Editor.


Matinee Editor, fungsinya sama dengan Sequencer Editor dan sekarang sudah digantikan oleh Sequencer Editor.


Persona Editor, digunakan untuk mengedit animasi dalam Unreal Engine seperti skeletal mesh,skeletal asset,dan animasi blueprints.Sebagian besar pekerjaan mengedit animasi dalam Unreal Engine dilakukan dalam Persona Editor.


UMG UI Editor - adalah User Interface Editor diamna kita bisa membuat dan mengedit Menu dan Grafik yang akn digunakan Player atau pengguna game yang kita buat untuk berinteraksi dengan game atau aplikasi.


Contoh UI game Bacgammon



Behavior Tree Editor (AI)  - digunakan untuk mengedit dan mengatur skrip dari kebiasaan aktor,misalnya kebiasaan pejalan kaki atau orang disekitar player,binatang,kendaraan,dll.


Sound Cue Editor - adalah sound editor dan mixer editor yang digunakan untuk mengatur suara dalam lingkungan di Unreal Engine,pengaturan ini sangat penting terutama dalam game battle royal seperti PUBG,bagaimana suara langkah pemain maupun musuh menjadi hal yang sangat vital.


Paper 2D Sprite & Flipbook Editor - adalah editor yang memungkinkan kita menggunakan gambar 2D sebagai sprites dan animasi 2D.


Physics Asset Tool Editor - digunakan untuk mempuat physics dari basic physics body dan conatraints hingga menjadi keseluruhan ragdoll.


Media Player Editor - bisa digunakan untuk mengimpor dan mengedit media files yang bisa dimainkan di Unreal Engine.


Tool Tambahan di Modes Panel 


Beberapa tool tambahan yang ada di Modes Panel : 

Geometry Tool - dimana kita bisa menggunakan BSP brush


Landscape Tool - digunakan untuk membuat dan mengedit terrain.



Foliage Tool - digunakan untuk painting dan meletakkan mesh kedalam level geomtetri yang sudah ada.



Vertex Painting Tools - digunakan untuk painting atau  modifikasi warna dan juga blending material dari static mesh didalam level.



Geometry Editing Tool - untuk memodifikasi atau mengedit BSP brust yang sedang digunakan.


Pada tahap ini kita sudah bisa mencoba membuat sebuah landscape untuk level kita,selamat mencoba.


Silahkan baca lanjutan tutorial ini di Tutorial Unreal Engine Basic Bahasa Indonesia Bagian XIV, atau kamu juga bisa baca tutorial sebelumnya disini.

















Posting Komentar

0 Komentar