Indo-CG

Tutorial Unreal Engine Basic Bagian XII - Modes Panel & Properti Objek



  Tutorial Unreal Engine 4 Basic Bagian XII,pada bagian ini kita akan membahas tentang Modes Panel & Detail Panel/Properti Objek di Unreal Engine 4.Bagian ke - 12 dari Tutorial Dasar Unreal Engine bahasa Indonesia,Pastikan kamu sudah membaca bagian pertama disini.

 Modes Panel 

Panel mode menyediakan berbagai editor entitas yang bisa kita masukkan kedalam level yang sedang kita kerjakan seperti lights,volume, ataupun geometri (BSP) . Begitu juga dengan mode edit Lanscape,Foliage,Vertex Painting, dan Geometri (BSP). 



Shortcut :

• Shift + 1 : Place ( Entitas Level )
• Shift + 2 : Paint  (Vertex Painting)
• Shift + 3 : Landscape ( Sistem Terrain )
• Shift + 4 : Foliage ( Mesh Painting )
• Shift + 5 : Geometry Editing (BSP Brush Editing)

Kita akan sangat sering menggunakan Panel Modes,jadi mengetahui shortcut diatas akan mempercepat pekerjaan kita.

Detail Panel / Object Properties

Setiap objek ataupun Actor yang dimasukkan ke level akan memiliki set properti objek.Setingan berikut hanya akan mempengaruhi objek atau aktor yang sudah dimasukkan ke level yang kita kerjakan.

Jika kita memilih objek yang kita masukkan kedalam level,maka objek properties akan terbuka di pojok kanan bawah Editor,itu adalah properti dari objek yang sedang dipilih.


Jenis setingan yang muncul pada object properties akan berbeda,tergantung jenis objek/actor yang kita pilih.Contohnya jika kita memilih light,maka akan muncul setingan warna,light intensity,dan radius.



Tapi jika kita memilih BSP Brush maka kita bisa mengatur dimensi dari brush,


  Kita bisa membuka tambahan Detail Panel dengan pergi ke Window > Details > Details 2,3, atau 4.


Setiap detail panel akan memiliki opsi untuk ketersediaan seting tambahan seperti All Advanced Details atau Only Modified Properties. Klik pada ikon berikut untuk membuka drop-down menu :



Konten dari setiap detail window akan berubah bergantung pada objek yang kita pilih,tapi kita bisa mengunci jendela ini untuk bisa tetap melihat actor’s seting dari objek yang dipilih dengan mengklik pada ikon kunci (lock) dibagian atas panel.


Disable lock jika kita ingin memilih dan melihat properti actor yang lain.

Tutorial Dasar Unreal Engine bagian XII tentang Mode Panel dan Datail Panel sudah selesai,silahkan baca tutorial lanjutanya tentang 20 Editor & Tools yang paling sering digunakan di Unreal Engine.
 

Jika kamu baru membaca tutorial ini,silahkan baca Tutorial bagian I disini

















Posting Komentar

0 Komentar