Indo-CG

Tutorial Unreal Engine Basic Bagian X - World Outliner

 



Tutorial Unreal Engine 4 Basic Bagian IX,pada bagian ini kita akan membahas tentang World Outliner di Unreal Engine 4.Pastikan kamu sudah membaca bagian pertama disini.

  Baca juga tutorial Unreal Engine bahasa Indonesia lainnya di Tutorial Unreal Engine Bahasa Indonesia.

    World Outliner terletak di pojok atas Editor,

Jika tidak bisa menemukan disana,kita bisa pergi ke Window > World Outliner .



World Outliner menampilkan hierarki dari semua Aktor yang ada di Viewport,Aktor dapat dipilih dan dimodifikasi langsung dari World Outliner.

Kita juga bisa menggunakan menu drop-down pada Info untuk menampilkan kolom tambahan yang memuat Level,Layer,atau ID Names.


Kita bisa menggunakan kolom pencarian di World Outliner untuk mencari dan memfilter daftar Aktor dalam scene dengan cepat.Dengan mengetikkan beberapa kata kunci otomatis akan menampilkan daftar Aktor yang memiliki kesesuaian.


Aktor yang cocok dengan istilah tertentu bisa menjadi pengecualian dengan menambahkan tanda “ - “ (minus) sebelum istilah.


Kita juga menurunkan presentase kemiripan (menambah tampilan Actor meski tidak terlalu mirip)untuk memperbanyak Actor yang ditampilkan dengan menambahkan tanda “ + “ sebelum istilah.
   Saat kolom info ditampilkan,data didalamnya juga dapat kita cari.Hal ini sangat berguna jika kita ingin menampilkan Aktor di level tertentu,cukup nyalakan tampilan Level dan ketik “ +[LevelName] “ di kotak pencarian.


Kita bisa double klik pada Actor di Outliner untuk memusatkan view pada objek.
Kita juga bisa membuat direktori yang lebih rapi dengan folder di Outliner.

Beberapa fungi yang bisa kita jalankan:

Klik kiri pada Actor  : memilih Aktor
Klik kanan pada Actor : menampilkan menu konteks yang sama dengan yang digunakan di Viewport,memungkinkan Aktor untuk dengan cepat dimodifikasi tanpa harus menavigasi ke mereka di viewport.
Dragging Actor : Attach Actor yang di drag ke Actor tujuan

Kita juga bisa enable/disable visibitilas Objek atau folder dengan mematika ikon mata.


  Tutorial World Outliner di Unreal Engine 4 cukup sampai disini,baca lanjutan Tutorial Unreal Engine Basic Bagian XI tentang Content Browser.



Tutorial Unreal Engine Basic,

Sebelumnya :


Selanjutnya :


Posting Komentar

0 Komentar