Indo-CG

Tutorial Unreal Engine 4 Pemula Bagian II - Sky




    Tutorial Unreal Engine 4 Pemula Bagian II - Sky,merupakan lanjutan dari Tutorial bagian I tentang New Level.

  Pada bagian ini kita akan menambahkan Sky Sphere,Directional Light, Sky Light, dan juga menambahkan Atmospheric Fog (kabut) hal yang akan membuat levelmu semakin indah.

2.1. Sky Sphere

   Untuk menambahkan langit dengan mudah kita memerlukan Blueprint Sky Sphere,yaitu aset  blueprint yang diciptakan oleh Epic Games yang tersedia dalam setiap project yang kita buat,berikut ini adalah blueprint Sky Sphere project default.

 Blueprint langit ini bisa digunakan untuk semua project,didalamnya termasuk awan yang bergerak,kemudian Directional Light yang mampu memberi pencahayaan & mengubah warna langit sesuai perputaran waktu,selain itu juga ada properti tambahan untuk tweak teksture langit.


   Cara untuk menambahkan Sky Sphere :

Buka Content Browser,kemudian pada bagian View Option pilih enable Engine Content.


  Buka Engine Content,lalu buka folder EngineSky,kemudian pilih BP_Sky_Sphere dan masukkan ke level ( klik BP_Sky_Sphere kemudia drag ke viewport).



Langitnya berwarna orange dan tidak sama dengan langit pada default project,itu karena mataharinya sudah dibawah (senja),kita akan menyesuaikannya lagi.

2.2. Directional Light

  Directional Light adalah cahaya matahari,yang akan memberikan iluminasi terhadap environment secara keaeluruhan.Kita perlu menambahkan Directional Light dan menghubungkannya dengan Bp_Sky_Sphere.

  Caranya buka Modes panel,kemudian pada tab place(Shift + 1) pilih Lights > Directional Lights.

   Pilih Directional Light kemudian drag ke viewport dan Directional Light akan mulai mempengaruhi pencahayaan environment.

  Jika ternyata tidak berpengaruh apa-apa,maka aktifkan Lit mode,caranya klik ikon Lit(box biru) dibagian atas viewport.



Shortcut  Lit Mode : Alt +4

Kita perlu menghubungkan Directional Light dengan blueprints sky agar langitnya juga menerima efek dari Directional Light.

Caranya adalah dengan mengubah script bluprint di Bp_Sky_Sphere.

Pilih Bp_Sky_Sphere kemudian buka Details panel,dibagian Directional Light Actor gunakan drop-down menu untuk memilih Directional Lights.


 Semudah itu,dan sekarang teksture Bp_Sky_Sphere sudah terupdate.


Untuk mengubah arah cahaya kita bisa merotasi Directional Light,pilih Directional Lights kemudian tekan E pada keyboard untuk rotasi.


Ubah arah Directional Lights dengan mengklik pada salah satu sisi kemudian geser.

  Saat sudut cahaya kita rubah maka tekstur langit juga akan ikut berubah mengikuti sudut dari Directional Lights,bisa jadi pagi,siang,sore,bahkan malam.

Untuk melihat update ini kita perlu memilih Bp_Sky_Sphere dan klik Update Material pada Details panel.


Pilih Directional Lights dan pada Details panel fokus pada penyesuaian properti berikut :

Intensity : kekuatan cahaya
Light Color : mengatur warna cahaya

Nilai yang direkomendasikan untuk Intensitas cahaya adalah 3.14


Pilih warna cahaya yang kita inginkan dengan mengklik pada 

Color bar untuk membuka Color Picker.


Warna yang kita pilih akan merefleksikan waktu yang kita inginkan,sesuaikan dengan warna langitnya agar tampak selaras.Jika sudah menemukan warna yang cocok klik OK.

Seperti inilah update pada scene setelah kita mengganti warna cahaya menjadi orange terang dan intensitas cahaya 3.14 :



2.3. Sky Light


Sekarang cahaya matahari sudah berfungsi dengan baik,tapi jika kita lihat lebih teliti cahaya dibelakang karakter dan juga box masih terlalu gelap.


  Di dunia nyata kita bisa melihat bahwa langit dan juga ground/lantai memantulkan cahaya,dan hal itu harusnya membuat area yang tidak terkena sinar matahari dibelakang karakter dan box tidak segelap itu,jadi kita memerlukan Sky Lights.

Sky Light adalah pencahayaan tambahan yang menerangi secara tidak langsung dan membuat area yang tidak terkena cahaya langsung seolah menyala.

Catatan : sky light hanya bisa ada jika kita memiliki sky sphere,bisa blueprint sky sphere yang sudah kita buat sebelumnya atau kita juga bisa membuat static mesh bola dengan menggunakan simple static mesh yang tidak besinar,bisa juga dengan menggunakan Atmospheric Fog jika kita tidak menggunakan Sky Sphere.


 Cara membuat Sky Light : 

Buka Modes panel > Place > Lights > Sky Light

Kemudian drag & drop Sky Light ke viewport :


Sekarang area yang tidak terkena sinar Matahari menjadi tidak terlalu gelap dan lebih realistis karena menerima pantulan cahaya dari Sky Light.


Catatan : Sky Light hanya bekerja jika kita memiliki Sky Sphere atau Atmospheric Fog 

Kita bisa mengubah  warna cahaya dan intensita Sky Light dengan cara : 

Pilih Sky Light kemudian pada Details panel,atur setingan Light Color dan Intensity.



 


2.4 Atmospheric Fog


  Sekarang kita akan menambahkan Atmospheric Fog agar level yang kita buat semakin realistis.


Buka Modes panel > Place > Visual Effect > Atmospheric Fog

Drag & drop Atmospheric Fog kedalam viewport.



Kita tidak akan mengubah properti dari Atmospheric Fog,tapi kita perlu menghubungkan Atmospheric Fog dengan Directional Light.


Pilih Directional Light,kemudian pada Details panel enable Atmospheric/Fog  Sun Light .


Sekarang kita telah membuat Directional Light dan Atmospheric Fog bekerjasama.



Jika fog tidak muncul,pastikan kita sudah mengatur visibilitas fog,dengan menggunakan drop-down menu Show,enable visibilitas fog.



Alt + F  : beralih Fog on/off

No Bp_Sky_Sphere : jika kita tidak ingin menggunakan sky sphere kita bisa menggunakan Atmospheric Fog sebagai ilusi Skybox,gambar dibawah ini tidak menggunakan Sky Sphere dan hanya menggunakan Atmospheric Fog :



Itulah bagian kedua dari Tutorial Unreal Engine 4 Pemula,jika belum membaca tutorial silahkan baca bagian pertama disini.

Jika masih merasa bingung dengan tutorial ini silahkan baca Tutorial Dasar Unreal Engine 















Posting Komentar

0 Komentar