Indo-CG

Tutorial Houdini Dasar Bagian IV - Nodes & Network



   Tutorial Houdini Dasar Bagian IV - Nodes & Network,tutorial dasar ini penting sebagai pondasi kita dalam menguasai Houdini,dengan pondasi yang kuat maka kita bisa membangun hal yang besar diatasnya,semakin tinggi dan tinggi.

   Dalam Houdini dikenal istilah Nodes ( simpul ) dan Network (jaringan).

   Seperti kita ketahui bahwa Houdini adalah software 3D Procedural,samua dilakukan dengan prosedur yang telah dibuat untuk kemudian di generate.

   Alur kerja Houdini yang berbasis node menjadi jantung dari arsitektur proseduralnya, kemampuan untuk bekerja secara langsung dengan simpul (node) dan jaringan (network) ini menjadi sangat penting untuk menggunakannya secara efektif. Meskipun ide node mungkin terdengar teknis, tapi sebenarnya cukup ramah dengan CG artis dan mudah digunakan. 

   Saat kita menggunakan tool di Houdini, node dibuat dan dihubungkan dengan node lain. Network yang dihasilkan meninggalkan riwayat tindakan kita sekaligus memberikan cara sederhana untuk membuat perubahan dan menyempurnakan pekerjaan. 

  Mempelajari cara bekerja secara efektif dengan jaringan node (node networks) adalah hal penting dalam bekerja dengan Houdini.

 

NODE FLAGS


   Setiap node memiliki berbagai bendera (flag) yang menentukan apakah itu ditampilkan(displayed), dikunci (locked)atau dilewati (bypassed). Kita bisa membangkitkan ini dengan mengklik flag itu sendiri atau menggunakan menu radial node .


Radial Nodes Menu


Display Flag [R] Bendera ini memungkinkan kita memilih display output node untuk network dan disorot dengan cincin berrongga (hollow ring). 



Render Flag [T] menetapkan node mana yang akan menjadi output untuk rendering dan disorot dengan lingkaran padat(solid circle). Kita bisa mengatur ini secara terpisah dari Display Flag dengan Ctrl-klik pada Display Flag. 


 Template Flag [E] - Bendera ini         menampilkan node dalam warna abu-abu dan dapat digunakan untuk referensi atau snapping. 



Freeze Flag - Cache ini di node terkunci dan semua node sebelumnya dalam rantai diabaikan ketika network diolah. 



Bypass Flag [B] - Bendera ini memungkinkan kita mengabaikan node saat network diolah.


MENGHUBUNGKAN & MEMUTUSKAN NODES 


  Saat kita bekerja di Viewport, node ditempatkan dan dihubungkan dengan benar secara otomatis. Tetapi kadang kita ingin mengkonfigurasi ulang bagaimana jaringan (network) diatur dan kemudian kita ingin menghubungkan dan memutuskan node secara manual. 


  Berikut adalah beberapa cara untuk berinteraksi dengan node dan koneksi di Network Pane


• Hubungkan Node (Connect Node)  - LMB - drag dari output ke input


• Masukkan Node Baru (Insert New Node) - RMB Connector


• Sisipkan Node (Insert Node) - LMB drag and drop kedalam connector wire


• Putuskan Sambungan dari Kabel(Disconnect From Wires) -  LMB kemudian jiggle node


•  Potong Kawat (Cut Wire) -  Y kemudian drag melintasi connector wire


• Pindahkan simpul (Move Node)  -  LMB - drag


• Salin node yang dipilih ( Copy Selected Nodes) ALT + LMB - drag


• Salinan Referensi (Refference Copy) :  Alt + Shift + Ctrl + LMB - drag


Node titik ( dot nodes ) dapat digunakan untuk mengatur jaringan kita : 


• Tambahkan Dot (Add Dot )    :  Alt +  LMB wire


• Pin/Unpin Dot               :  Alt + LMB dot 



GALERI NODE 


  Galeri menawarkan akses cepat ke node yang ingin kita tambahkan ke jaringan kita secara langsung.


  Galeri berisi node yang paling sering digunakan dalam pekerjaan sehari-hari sementara tombol tab memberi kita akses ke semua node yang tersedia. Kita bisa membuat galeri kita sendiri menggunakan Windows > Gallery Manager dan kita bisa juga menambahkan item ke galeri kita dengan mengeklik RMB pada node lalu memilih Save to Gallery.


 Node yang disimpan di Mat Network juga akan tersedia di Material Palette selama diberikan kata kunci yang tepat seperti Mantra untuk materi Mantra.


JENIS JARINGAN 


  Houdini mencakup berbagai jenis node yang masing-masing berfungsi dalam konteksnya sendiri. Jenis jaringan (network) diberi label di sudut kanan atas tampilan jaringan untuk membantu kita menentukan jenis network yang kita gunakan dan jenis node yang tersedia. 

Node dari setiap jenis dapat terhubung ke network lainnya. Meskipun berbagai jenis node serupa dalam cara menghubungkannya, mereka masing-masing memiliki kemampuan unik:



BAHASA "RAHASIA" HOUDINI

  Jika kita  melihat video tutorial  Houdini dari para master Houdini di Youtube ataupun program belajar dari lembaga profesional, kita akan mendengar mereka berbicara tentang SOP, DOP, VOP, dll. ( Saat itu saya langsung menutup videonya,karena tidak tahu apa yang mereka bicarakan).

   Yang mereka bicarakan mengacu pada jenis node yang tercantum di atas. Saat kita bekerja dengan Houdini, kita akan mulai belajar bagaimana menggunakan bahasa "rahasia" ini untuk berbicara tentang jenis node dan bagaimana cara kerja prosedural node ini. 

NETWORK PATHS

  Node diatur secara hierarkis dengan beberapa node bersarang di node lain yang dikenal sebagai Network Manager atau Subnetwork. Untuk membantu kita mengelola hierarki ini, jalur seperti browser tersedia di bagian atas sebagian besar panel.



  Kita dapat menggunakan jalur(path) ini untuk menavigasi ke atas dan ke bawah hierarki ini atau ke network lain yang telah kita tangani. 


  Secara default, path berubah saat kita membuat pilihan dalam scene view meskipun kita dapat menentukan jalur agar tetap fokus. Kita juga dapat menyeret ikon target ke panel lain untuk mengubah jalurnya. 


JARINGAN NAVIGASI (Navigating Networks)


  Untuk beralih di antara jenis network, ada sejumlah pendekatan berbeda yang dapat kita ambil. Beberapa di antaranya terjadi secara alami saat kita bekerja dengan objek dalam scene view dan yang lain menawarkan shortcut yang dapat membawa kita ke network lain lebih cepat. 


Mode Pemilihan (Selection Modes)- Saat kita memilih dalam scene view, editor jaringan melompat ke lokasi pemilihan. Mode pemilihan yang berbeda pada gilirannya akan membawa Anda ke jenis jaringan yang berbeda saat kita membuat pilihan. 


Jalur jaringan (Network Path) - Kita dapat mengklik LMB pada simpul induk (parent node)untuk menavigasi kembali jalur atau mengeklik LMB pada simpul penampung(Container Node) untuk mengakses simpul paralel(Parallel Node) atau memasuki konten simpul penampung lainnya.


 Hotkeys - Hotkeys ini membantu kita menavigasi ke atas dan ke bawah saat kita bekerja dengan objek yang dipilih. 


• Dive In     : I

• Jump Up.  : U

• Toggle Object/ Geometry : F8


MEMILIHDAN MELIHAT HOTKEYS 


  Di Network Pane, kita perlu untuk menggeser dan memperbesar untuk bekerja dengan jaringan yang lengkap. Berikut adalah hotkey untuk tindakan ini :


Pan : MMB (Middle Mouse Button)

Zoom : RMB ( Right Mouse Button)

Select Nodes : LMB (Left Mouse Button)

Add to Selection : Shift + LMB 

Remove from Selection : Ctrl + LMB


BELAJAR TENTANG NODE


  Memunculkan Info Box menggunakan Radial Menu atau MMB-press pada node Panel ini memberikan informasi tentang isi node, grup, atribut dan fakta penting lainnya. 

  Panel ini juga menjelaskan kesalahan apa pun yang mengganggu Workflow kita. Panel ini akan menutup secara otomatis tetapi kita dapat mengklik ikon pin agar tetap terlihat saat kita bekerja. Kita dapat menambahkan komentar dan menampilkannya dalam Network View menggunakan panel ini.











   

Posting Komentar

0 Komentar