Indo-CG

PROCEDURAL MODELING - Kenapa Lebih Unggul Dari Modeling Konvensional



   Procedural Modeling,mendengar istilah itu mungkin sebagian besar dari kita masih terasa asing.Sebagian besar 3D software saat ini memang tidak menggunakan sistem prosedural, beberapa yang menggunakan diantaranya ArcGIS CityEngine,MODO,dan Houdini.


   Software 3D konvensional  mungkin sangat baik jika digunakan untuk modeling satu atau beberapa objek dalam jangkauan yang tidak terlalu luas.

  Lain cerita kalau harus membuat model satu kota utuh dengan ratusan gedung,pepohonan,dan segala atribut tata kota atau satu wilayah yang luas,maka akan menghabiskan waktu dan juga resource yang sangat besar.


    Procedural Modeling hadir membawa solusi,memberikan pilihan lain dari sistem modeling konvensional.

  Untuk membuat objek seperti rumah,gedung,jalan,pohon,mobil,dan berbagai objek lainnya kita hanya perlu membuat sebuah prosedur atau rule,yaitu satu dokumen yang berisi bagaimana sebuah model dibuat.


Misalkan kita akan membuat model sebuah rumah,maka kita tinggal menulis rule dari model yang akan di generate,panjangnya,lebar,tinggi,ukuran ruang,jarak bangunan dari jalan,dan sebagainya.

  Lebih detil kita bisa menentukan bentuk atap,tanaman,maupun segala perlengkapan lainnya.

 Jika nilai properti objeknya dirubah maka model 3D yang digenerate juga akan berubah,karena mengikuti prosedur atau rule yang kita buat (Procedural Modeling).


    


  

Posting Komentar

0 Komentar