Indo-CG

Unreal Engine 4 - Membuat Cloth Physics


    Cloth simulation adalah hal wajib jika kita mengejar realism,semu game Next-Gen bahkan sangat menonjolkan Cloth simulation,game atau animasi akan terasa hambar tanpa cloth simulation.


    Unreal Engine menggunakan Nvidia NvCloth simulation untuk menagani simulasi partikel untuk pakaian.

Berikut ini cara membuat cloth physic simulation :

  1.  Di Skeletal Mesh Editor, klik tombol Section Selection  dari toolbar utama. Setelah memilihnya kita bisa memilih bagian-bagian berbeda dari Skeletal Mesh yang memiliki Elemen Material yang ditetapkan.
    Klik untuk memperbesar

  2. Gunakan klik kiri untuk memilih bagian mesh yang ingin digunakan sebagai cloth (dalam contoh dibawah adalah jubah). Kemudian klik kanan untuk membuka context menu untuk membuat Cloth Asset. 
    Klik untuk memperbesar

3. Dari context menu, pilih Create Clothing Data from    section lalu isi area menu berikut:



    • Aset Name - Beri nama aset sehingga kita dapat dengan mudah menemukannya nanti. 
    • Remove from Mesh - Jika kita memiliki potongan mesh geometry terpisah yang ingin dikaitkan sebagai pakaian,maka bisa mengaktifkan opsi ini. Jika tidak, maka biarkan saja, tidak perlu dicentang. 
    • Physic Assets - Jika aset kain ini untuk karakter,gunakan Physics  Asetnya disini untuk mendapatkan collision (tumbukan) yang tepat untuk simulasi pakaian. 
4. Setelah semua beres,klik create.

5. Klik kanan pada bagian itu lagi untuk membuka  context menu dan arahkan kursor ke Apply Clothing Data dan pilih dari aset pakaian yang tersedia untuk diterapkan. Ini akan mengaitkan aset pakaian apa pun yang dibuat dengan bagian yang dipilih.




5. Klik tombol Activate Cloth Paint dari toolbar untuk mengaktifkan properti yang dapat kita gunakan untuk memberikan paint untuk Cloth Asset yang  dipilih.



Panel Clothing akan terbuka jika kita mengaktifkan Cloth Paint :


6. Pilih pakaian yang akan diedit melalui Clothing Data.


7. Gunakan brush untuk mulai melakukan painting pada Pakaian.

Jangan lupa berikan gradasi warna saat melakukan painting agar physic pada pakaian lebih halus.



Penggunaan tool ini mirip dengan Plugin pembuat pakaian di 3DS Max atau Maya, Nvidia PhysX DCC ataupun tool serupa di software 3D lainnya.



8. Jangan lupa Apply Clothing data setelah semua selesai,




Simak video tutorial asli dari Zoran Lakic :









Posting Komentar

0 Komentar