Indo-CG

MITOS dan FAKTA Komputer Built Up Vs Rakian

 


  Komputer Built Up Vs. Komputer Rakitan,mana yang lebih baik?Jawabannya relatif,keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan.Banyak sekali pemahaman yang salah tentang komputer Built Up.

  Berikut Mitos dan Fakta Komputer Built Up :

• Harga Mahal

  Mahal atau murah itu relatif,banyak yang menyebut Harga PC Built Up lebih mahal dari PC rakitan dengan spesifikasi sama.

  Perlu diingat,meskipun spesifikasi sama tapi kualitas dan teknologi yang digunakan belum tentu sama.

Contoh : 

Kita tidak bisa membandingkan Motherboard Asus ROG dengan Ashrock ataupun dengan Moterboard Asus diluar keluarga ROG meskipun menggunakan chipset dan spesifikasi yang sama.

Kenyataannya harga Komputer Built up bekas jauh lebih murah dari PC rakitan bekas,jika tidak percaya silahkan cek antara harga prosesor dan harga PC built up dengan prosesor yang sama.


• Tidak bisa Menyesuaikan Komponen


   Entah darimana pernyataan ini berasal,faktanya kita bisa mengupgrade komponen yang kita inginkan asalkan sesuai dengan spesifikasi.Baik Built Up maupun rakitan tidak bisa di upgrade dengan komponen yang tidak sesuai.


• Ketika Mengupgrade Harus ke Servis Center


   Sama halnya dengan mitos sebelumnya,komponen yang digunakan Komputer built up sama saja dengan komponen yang beredar dipasaran kecuali PSU dan Motherboard.Bagian yang dibuat khusus pada komputer built up biasanya pada konektor Power Suply ke Motherboard,itupun masih bisa dimodifikasi untuk bisa menggunakan PSU aftermarket.


   Bahkan biasanya desain komputer built up lebih kompak dan mudah dibongkar pasang.Terimakasih bagi orang yang mengatakan hal ini,karenanya harga komputer built up jauh lebih murah dari harga komputer rakitan bekas.


• Tidak Memiliki Kontrol Penuh Terhadap Komponen

 Beberapa fakta diatas sudah mematahkan mitos ini,semua harus memperhatikan spesifikasi dan jenis komponen.


• Suku Cadang Komponen Sulit Didapatkan


Apakah komputer built up dikirim dari Planet Mars?

   Komponen yang digunakan komputer built up juga dibuat di Bumi,PC built up ibarat mobil buatan pabrik,sedangkan PC rakitan adalah mobil yang dirakit sendiri dengan berbagai komponen campuran,kita-kira mobil mana yang mendapat jaminan ketersediaan suku cadang dan servis?


   Membeli komputer Built Up bekas jauh lebih hemat dan aman dibandingkan membeli komputer rakitan baru,apalagi bekas.

  Jika kamu memiliki pemahaman tentang spesifikasi dan jenis hardware komputer, maka merakit sendiri komputermu dengan komponen baru yang bisa menyesuaikan budget bisa menjadi pilihan.

   Tapi jika membeli komputer rakitan baru,maka kamu harus memastikan komponen didalamnya benar- benar baru atau hanya casingnya yang baru.

   








Posting Komentar

0 Komentar